Aplikasi piringan cakram R25 di R15, lebih mantap

Hola masbro & sista,

Saya ingin sharing tips upgrade pengereman Yamaha YZF-R15. Ide dari kawan saya, sebut saja Cross Loki (id Facebook, nama bekennya), yang ingin mencoba mengaplikasikan disc cakram milik R25 ke R15 nya. Awalnya dia tertarik melihat piringan cakram R25 saya yang sudah full-floating dan lebih lebar diameternya dari milik R15, yang kebetulan memiliki lubang baut sama yaitu 5 lubang.

Floating disc brake R25

Floating disc brake R25

Awalnya dia mengukur jarak antar lubang baut cakram R25, dan ternyata sama dengan jarak lubang baut cakram R15.

Cakram R25 vs R15

Cakram R25 vs R15

Akhirnya teman saya ini memesan disc cakram R25 melalui bengkel resmi Yamaha. Harus inden sekitar 5 hari karena memang tidak ready stock di bengkel. Harga disc cakram R25 di bengkel resmi Rp 580 ribu ternyata, lumayan tidak terlalu mahal, worth to buy.

Setelah datang, langsung coba pasang. Namun karena diameter cakram R25 lebih lebar dari R15 maka kaliper perlu ditambahkan adaptor agar pas posisinya dengan piringan. Teman saya coba adaptor kaliper cakram aftermarket untuk Vixion, ternyata pas masbro & sista.

Disc brake R25 di R15

Disc brake R25 di R15

Setelah terpasang tampilan kaki depan R15 jadi lebih kekar dan padat karena disc cakram yang lebih lebar diameternya dibanding standar. Oiya, dia juga sudah mengganti ban depan naik satu step dari 90/80-17 (standar) ke 100/80-17. Silahkan dilihat penampakannya masbro & sista.

YZF-R15 with R25 disc brake (1)

YZF-R15 with R25 disc brake (1)

YZF-R15 with R25 disc brake (2)

YZF-R15 with R25 disc brake (2)

Bagaimana hasilnya, lebih mantap bukan? Selain tampilan, tentunya aplikasi disc cakram R25 di R15 akan meningkatkan performa pengereman karena diameter lebih lebar dan sudah full-floating. Full-floating artinya bagian cakram yang bergesekan dengan kampas rem tidak jadi satu dengan bagian dudukan cakram (2 pieces) namun digabungkan dengan pin yang menjepit kedua bagian cakram.

Apakah masbro & sista yang memiliki R15 tertarik mengaplikasikannya juga? Silahkan dicoba.

Semoga bermanfaat.

 

 

25 thoughts on “Aplikasi piringan cakram R25 di R15, lebih mantap

  1. saat ini R15 lagi dapet tekanan besar dari CBR150 lokal, yaitu dari segi:
    -performa engine jelas2 kalah, DOHC 4 valve overbore kok dilawan sama SOHC 4 valve overstroke, kalo SOHC 4 valve overbore mungkin masih bisa bejaban.
    -akselerasi nampol CBR
    -riding position jelas nyaman CBR
    -konsumsi BBM tidak lebih irit dari CBR, bahkan blogger kondang iwanbanaran udah ngetest BBM CBR tembus 45Km/Liter
    -agility lebih unggul CBR.

    Suka

    • Yup, CBR150 lokal emang menawarkan value yang lebih baik dari R15 masbro, ini jadi PR buat YIMM, walaupun sekarang masih memimpin, kedepannya siapa tau? hehe… 😀

      Suka

    • Wah, ini harus dicoba dulu masbro, tapi silahkan diukur jarak lubang bautnya MX King, kalau memang sama dengan R15 maka bisa diaplikasikan…. semoga membantu 🙂

      Suka

Tinggalkan komentar