Hola masbro & sista,
Setelah artikel sebelumnya yang membahas modifikasi motor kesayangan saya disini, maka sekarang saya lanjut ke bagian 2 yaitu upgrade performa. Untuk mengupgrade performa saya hanya melakukan langkah sederhana yang sifatnya plug ‘n play (pnp). Fokus saya hanya supaya motor lebih enak dibawa trackday atau fun race, hehe…
Hanya sedikit ubahan untuk mengupgrade performa motor saya, agar tetap nyaman dipakai harian atau sunday ride.
Yang saya lakukan adalah mengganti knalpot dengan Avionic tipe short, mengganti ECU dengan Daytona Pro-ECU, dan beberapa ubahan penunjang kecil seperti melepas filter udara dan mengganti gas spontan KTC.
Kemudian untuk memperbaiki akselerasi terutama karena saya sering latihan di sirkuit Kalan yang konturnya menanjak, maka gear belakang saya naikkan 2 mata dari 43 jadi 45. Mengimbangi rasio final gear lebih enteng, saya memang minta ke mekanik saya mas Rangga dari SRP Garage Samarinda untuk menyetting motor ini agar tenaga dan torsinya ada di putaran yang lebih tinggi. Enaknya pakai Daytona Pro-ECU, settingan cukup lengkap. Untuk limiter sendiri motor saya diset sampai 14,800 RPM.
Coba naikkan ke mesin Dyno Test milik SRP Garage Samarinda untuk lihat hasilnya dan remapping ECU.
Power maksimal didapat 29,8 HP pada 12,015 RPM dan torsi 14,21 Nm pada 9,621 RPM. Terlihat memang jika dibandingkan first run dimana power hanya 27,6 HP pada 11,224 RPM dan torsi 13,32 Nm pada 9,161 RPM, terdapat kenaikan power 2,2 HP pada RPM yang lebih tinggi (12 ribuan) dan torsi 0,9 Nm. Cukup lumayan, namun saya masih sedikit belum puas karena torsinya masih kurang dan power pun masih belum optimal. Menurut mekanik saya, pipa silencer kurang panjang. Kedepannya akan coba pipa silencer yang lebih panjang, dan setting ulang ECU, semoga bisa diatas 30 HP, hehe… Cekidot video dynotest nya,
Semoga bermanfaat.
29.8 HP udh mantap Pak. Congratz
SukaSuka
Hahaa thanks om, cuma belum puas, harusnya bisa lebih 30 HP, hehe š
SukaSuka
kalo cuaca pas lebih dingin jga bisa naikkan sedikit.
Sip klau gitu, tinggal tes di trek
SukaSuka
Iya om… š
SukaSuka
Ping-balik: Modifikasi Yamaha YZF-R25 Hnd24motobike Blog (Bagian 3 – Selesai) | HND24MOTOBIKE BLOG