Mengintip beberapa versi balap BMW S1000RR 2014 (video)

Hola masbro & sista,

Artikel ringan di minggu pagi nih, tapi mungkin juga bisa bikin ngiler dan naikin adrenalin, hehe… Saya mau share sebuah video dari motorcyclenews.com yang mengulas beberapa versi balap dari motor superbike terkencang saat ini (CMIIW) yaitu BMW S1000RR 2014.

Terlihat ada 6 versi yang dicoba di video ini, cekidot.

(1)

(1)

Yang pertama versi untuk balap World Endurance Superstock. Versi ini memiliki spesifikasi seperti World Superstock, dimana tidak ada modifikasi sasis, namun boleh mengupgrade sistem pengereman dan bebrapa ubahan engine terbatas. Maklum namanya juga buat balap ketahanan.

(2)

(2)

Yang kedua, versi balapan IDM Superstock (Jerman). Versi ini lebih mirip lagi dengan World Superstock, karena hampir semua part standar dengan ubahan terbatas pada engine.

(3)

(3)

Yang ketiga, versi balap IDM Superbike (jerman). Lebih advance ubahannya dibanding IDM Superstock, lebih mendekati World Superbike (WSBK), namun untuk kelas Evo, dimana ada batasan sasis dan ECU. Namun tetap saja kenceng banget! hehe…

(4)

(4)

Yang keempat, versi balap British Superbike (BSB). Seperti kita tahu, balapan ini banyak menyumbang pebalap untuk ke WSBK, jadi wajar disini iklim balapnya sangat kompetitif. Ubahannya pun mendekati WSBK, sadis!

(5)

(5)

Yang kelima, sudah masuk di balapan World Superbike nih masbro & sista, namun dimasukkan ke EVO class. Dimana kelas ini versi balap murahnya dari SBK, dimana menggunakan Superstock engine dan electronic namun dengan sasis SBK. Ubahannya terbilang sadis, karena motor ini diadu bareng motor pabrikan SBK.

(6)

(6)

Yang terakhir alias yang keenam dicoba oleh MCN adalah apalagi kalau bukan milik sang juara Isle of Man TT, Michael Dunlop. Modifikasinya seperti Superbike, yang pasti kencang gila, hehe…

Nah, keenam motor yang dicoba oleh MCN tentu bikin ngiler ya, saya juga, hehe… Yang versi standarnya saja belum pernah coba, apalagi yang versi balap ini. Mungkin yang kurang adalah versi balap World Superbike, next kita review video testnya.

Yang penasaran nonton videonya, silahkan dilihat dibawah.

Semoga bermanfaat.

Review knalpot custom Akrapovic replika full system R25

Hola masbro & sista,

Kemaren sabtu saya pasang knalpot Akrapovic custom full system untuk R25 pesanan saya. Saya pesan di masbro Uky RajaKnalpot. Seperti yang pernah saya posting dulu, sebelumnya saya pakai tipe slip on, dimana silencer saja yang diganti. Dengan tipe slip on, suara tidak begitu keluar karena masih terdapat ctalytic converter yang besar di leher standar Yamaha YZF-R25.

Review fisik dari knalpotnya, pipa leher cukup baik, dengan material stainless steel dan pengelasan lumayan rapi. Bentuk pipa lehernya pun tidak banyak lekukan, ini yang saya suka. Posisi leher tepat berada dibawah karter engine lalu keluar dari bawah swing arm, cukup keren menurut saya. Namun pipa lehernya sedikit pendek dari leher pipa knalpot aftermarket atau custom kebanyakan untuk R25, sehingga ngga begitu mendongak sampai keatas ujung silencernya, no problem tetap keren menurut saya, hehe… Material silencer sendiri juga cukup baik dari stainless, dengan glasswool padat, dan dilengkapi db killer (sesuai permintaan saya).

Akrapovic custom full system R25 (1)

Akrapovic custom full system R25 (1)

Akrapovic custom full system R25 (2)

Akrapovic custom full system R25 (2)

Akrapovic custom full system R25 (3)

Akrapovic custom full system R25 (3)

Setelah terpasang, dengan kondisi mesin standar dan belum setting CO, terdengar raungannya cukup sangar (tanpa db killer), ngebass nyaring. Digas sampai putaran tinggi suaranya makin mantap. Namun putaran mesin agak brebet (tersendat), mungkin karena belum setting CO. Setelah saya pasang db killer, suara menjadi sedikit lebih halus saat kondisi stasioner (langsam), tetap ngebass namun lebih tertahan. Saat digas baru suaranya makin nyaring seperti tanpa pakai db killer.

Setelah pasang knalpot, kebetulan sudah waktunya servis pertama si Blackshark, saya bawa ke bengkel resmi Yamaha. Saya request untuk sekalian setting CO. Setelah beberapa percobaan didapat yang paling enak dipakai CO +3. Namun suara knapot masih nembak (backfire), wajar karena saluran AIS di exhaust port masih dibiarkan belum disumbat. Sengaja saya biarkan karena mesin masih perawan, jadi ngga apa-apa lah, hehe…

Impresinya? Tanpa db killer dengan suara menggelegar putaran bawah cukup ngisi, lebih enak dari standar. Sayang di putaran menengah (7000-9000 rpm) terasa tertahan seperti sebelum setting CO walaupun tidak seberapa. Saya rasa R25 standar tidak cocok dengan karakter knalpot yang terlalu free flow. Namun belum tau nanti bila sudah pasang piggyback dan atur ulang timing pengapian. Kemudian saya coba dengan pasang db killer. Tenaga terasa lebih mengisi dari putaran bawah, bahkan sampai 10000 rpm masih terasa padat, saya merasa nyaman saat harus mempertahankan power di gigi 3 untuk rolling speed. Saya rasa R25 standar sangat cocok dengan knalpot yang berkarakter tidak terlalu free flow atau dengan tambahan db killer, IMHO.

Overall, saya cukup puas dengan knalpot ini, tenaga terasa mengalami kenaikan sedikit dan membantu di putaran bawah. Saya memilih menggunakan db killer. Karena selain suara lebih bersahabat, juga power yang dihasilkan terasa merata sampai 10000 rpm. Saya berkeinginan mencoba menggunakan silencer dengan dimensi yang berbeda nanti, siapa tau ada perubahan karakter sedikit, hehe… Last, saya lampirkan video suara knalpotnya dengan dan tanpa db killer.

Semoga bermanfaat.

R25 SBK Project Phase 1 akhirnya selesai

Hola masbro & sista,

Sebelumnya saya mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1435H, semoga semangat Idul Adha dan qurban menjadi panutan bagi kita dalam membangun jiwa yang ikhlas dan rela berkorban demi Allah Subhannahu Wata’alaa.

Alhamdulillah, weekend kemarin selain persiapan qurban, juga sempatkan kerjain project R25 SBK ini masbro & sista. Pesenan sticker dari Mas Joe motoblast.org yang dipasang di tukang sticker langganan udah kelar hari kamis. Sabtu pagi saya pasang knalpot Akrapovic custom pesenan saya ke mas Uky RajaKnalpot. Kenapa pilih Akrapovic? biar sesuai tema masbro & sista, hehe… Seperti motornya Noriyuki Haga R1 2008 di Yamaha Italy. Tapi tentunya disesuaikan dengan R25, saya ngga bikin model undertail muffler, ntar malah ngga enak motornya. Review knalpot ini saya buat artikel sendiri lengkap dengan videonya.

Noriyuki Haga YZF-R1

Noriyuki Haga YZF-R1

Dan akhirnya, hasil pasang sticker full body dan knalpot, seperti inilah project tahap pertama R25 saya. Tulisan Santander Bank sebagai sponsor saya ganti dengan tulisan BLACKSHARK sesuai nama R25 saya, hehe… Silahkan dilihat dan dikomentari masbro & sista.

My R25 SBK project (1)

My R25 SBK project (1)

My R25 SBK project (2)

My R25 SBK project (2)

My R25 SBK project (3)

My R25 SBK project (3)

My R25 SBK project (4)

My R25 SBK project (4)

Spesifikasi:

– Sticker full body by Mas Joe Motoblast.org

– Knalpot Akrapovic custom full system

– Raiser footstep custom

My R25 SBK project (5)

My R25 SBK project (5)

Semoga bermanfaat.

 

My R25 project phase 1: Kuatkan tema SBK

Hola masbro & sista,

Finally back to activity, hehe… Sekarang saya mo berbagi soal upgrade R25 saya. Phase 1 (fase pertama), saya mau upgrade ringan, dengan tujuan menguatkan tema Superbike (SBK). Kenapa tema SBK? Sesuai tagline R25, ‘Superbike you can ride everyday’.

Pertama, sesuai tema saya akan coba aplikasikan sticker full body untuk R25 ini, alasannya simple, kalo bosan mudah dilepas ketimbang airbrush / cat. Motif yang dipilih tentu dari SBK donk, nah kebetulan saya ngefans dengan pembalap Noriyuki Haga waktu dia masih membela tim Yamaha Italia.

Noriyuki Haga Yamaha Italia

Noriyuki Haga Yamaha Italia

Selanjutnya, saya order ke mas Joe motoblast.org untuk buatin stickernya untuk R25, seperti ini jadinya.

R25 SBK Yamaha Italia

R25 SBK Yamaha Italia

R25 SBK Full body

R25 SBK Full body

Tinggal nunggu stickernya datang, terus pasang, plus tambahin beberapa part pendukung tampilan. Tema SBK jadi sesuai tagline R25 ‘Superbike you can ride everyday’.

Semoga bermanfaat.

Video suara Akrapovic custom slip on R25

Hola masbro & sista,

Kali ini mau share video suara knalpot Akrapovic custom yang terpasang di R25 saya. Oiya sedikit review, knalpot ini custom made Purbalingga (RajaKnalpot), tampilan fisik cukup bagus dengan dimensi yang pas mirip aslinya, walaupun bahan carbon nya ternyata vinyl, tapi cukup baik finishingnya, apalagi bahan knalpot ini adalah plat stainless steel. Kokoh dan kuat, yang pasti sangat baik. Daleman knalpot ini cukup padat glaswool nya (kedengaran kalau diketok).

Akrapovic custom slip on R25

Akrapovic custom slip on R25

Lanjut tes suaranya, mohon maklum karena menggunakan kamera HP mungkin kualitas video dan suaranya ngga cukup bagus, tapi bisa lah menggambarkan bagaimana aslinya, ngebass halus. Memang tanpa mengganti header standar R25 maka suara yang dihasilkan masih ketahan di catalytic converter yang besar di kolong swing arm, hehe… Jadi beginilah hasilnya R25 dengan header standar (ber-catalytic converter) dipasangkan silencer Akrapovic custom. Next, akan coba yang full system, lagi proses order nih, harapannya suara dan tenaga juga dapat, hehe…

Cekidot masbro & sista, semoga bermanfaat.